EktraKurikuler

Ekstrakurikuler atau sering juga disebut dengan ”ekskul” di sekolah merupakan kegiatan tambahan di luar jam sekolah yang diharapkan dapat membantu membentuk karakter peserta didik sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Secara istilah Ekstrakurikuler berasal dari gabungan kata “ekstra” dan “kurikuler” atau extracurricular (bahasa Inggris) yang berarti kegiatan extra (tambahan) atau diluar program intrakurikulum yang ditetapkan.

Desain Visual

Ekstrakurikuler Desain Visual (DV)  merupakan kegiatan ekskul yang bertujuan untuk melatih kecapakan anak dalam menyampaikan sebuah ide atau gagasan yang disajikan dalam sebuah rancangan (desain) berupa gambar grafis (baik gambar diam, bergerak & interaktif) sehingga dapat menarik perhatian dan dapat dengan mudah dipahami oleh audien.

Sebagai media komunikasi dalam bentuk visual (tampilan) DV sendiri merupakan penggabungan antara desain grafis (graphic design) dengan desain antarmuka (interface design) yang fokus pada gaya dan tampilan.

 

 

I Love Islam

I Love Islam adalah salah satu ekskul yang didalamnya terdapat pembelajaran yang dapat menambah kecintaan terhadap Islam.

Islam adalah satu-satunya agama yang diridhoi Allah SWT, agama yang sempurna yang menjadi panduan atau kurikulum hidup bagi umat manusia.

Dalam kegiatan ekstrakurikuler ini diberikan materi dalam bentuk teori praktek menuju pada pemahaman anak agar secara mudah dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

I Love Islam menghadirkan ragam materi kehidupan dalam bingkai Islam yang berlangsung 24 jam dalam sehari, mulai bangun tidur hingga anak akan kembali tidur.

Dikemas dengan metode atau cara penyampaian yang partisipatif dan menyenangkan. Sehingga mendorong anak gembira dan termotivasi mengikuti kegiatan ekskul I Love Islam ini.

 

Tahfidz

Tahfidz Al-Qur’an atau Menghafal al-Qur’an merupakan salah satu kegiatan Ekstrakurikuler yang bertujuan untuk memberikan ruang dan kesempatan bagi siswa untuk menambah hafalan surat-surat dari al-Qur’an diluar program kurikuler yang telah ditetapkan dalam kurikulum SDIT Bina Muda.

Adapun target yang diharapkan dari kegiatan ini adalah :

1) Siswa menguasai hafalan qur’an minimal hafal surat-surat pada juz 30 dengan menerapkan tajwid dan makharijul huruf yang benar

2) Tumbuhnya kecintaan terhadap Al-Qur’an

3) Memiliki akhlaqul karimah terutama adab dalam membaca dan mendengarkan al-Qur’an

 

Pramuka

Pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler sekolah yang bisa dipilih di SDIT Bina Muda.

Mendengar Ekskul Pramuka disekolah tentu kamu menganggap kalau pramuka itu sudah ketinggalan zaman, Eit, ekskul Pramuka yang ini pasti beda lho… dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan anak memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan yang bisa mendukung dalam kehidupan sehari-hari :

1. Melatih Keberanian & Percaya Diri
2. Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab dan Disiplin
3. Mendukung Perkembangan Sosial Emosional
4. Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan
5. Melatih Anak dalam Pemecahan Masalah

Si Bima

Si BIMA merupakan kepanjangan dari Literasi SDIT Bina Muda, Apa itu ekskul Literasi ?

Ekstrakurikuler Literasi Si BIMA adalah kegiatan ekskul yang bertujuan untuk menumbuhkan serta  membentuk kecakapan siswa dalam bidang literasi, literasi sendiri adalah istilah umum yang merujuk pada kemampuan dan keterampilan seseorang dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, juga memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan seseorang dalam berbahasa.

Dengan mengikuti ekskul Si BIMA ini siswa diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan dalam memecahkan masalah melalui aktifitas membaca dan menggali innformasi yang bermanfaat bagi pengembangan diri. Selain itu diharapkan siswa memiliki minat yang tinggi terhadap sumber-sumber literasi sehingga memiliki kemampuan dalam menganalisa, mengkritisi derta menuliskan gagasan-gagasannya kedalam bentuk karya tulis.

 

Fun English

FUN ENNGLISH merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang menjadikan belajar bahasa Inggris makin menyenangkan.

Selain kecakapan dalam penguasaan kosa-kata bahasa diharapkan anak menjadi terbiasa untuk melakukan percakapan sehari-hari dengan bahasa Inggris.

 

 

Menggambar

Menggambar adalah kegiatankegiatan membentuk imajinasi dengan menggunakan banyak pilihan teknik dan alat di atas permukaan media dengan mengolah goresan dari alat gambar.

Kegiatan menggambar bukan hanya sekedar menyenangkan, namun juga memiliki beragam manfaat yang bisa diperoleh dari aktifitas ini, yaitu :

Melatih kecerdasan motorik, meningkatkan memori, mengembangkan kemampuan dalam berkomunikasi, melatih kesabaran, mengurangi emosi negatif, melatih fokus dan banyak manfaat  lainnya yang bisa didapatkan.

 

 

Berapa Hari Lagi Masuk Sekolah ?

Day(s)

:

Hour(s)

:

Minute(s)

:

Second(s)

Mengenali Karakteristik Anak

KARAKTERISTIK ANAK DI USIA 3-6 TAHUNAda beberapa karakteristik anak pada usia 3-6 tahun yang perlu kita ketahui. Di antaranya adalah: Belum dapat mengontrol tindakannya dengan baik.Pada fase ini anak-anak baru mulai bealajar mengontrol diri dan emosinyaSelalu ingin...

Refleksi Akhir Tahun, di Tahun Ketiga (2010-2011)

*Dewi KomariahTahun ketiga ? Alhamdulillah sudah dilalui. Dan ditahun ketiga ini..Kita terus bergerak, begitu dinamis. Terus belajar…menginventarisir apa yang telah dipelajari, mengkaji apa yang berhasil dan apa yang tidak, dan kemudian mencoba cara lain untuk...

Lembar Jawaban Siswa SDIT Bina Muda Yang Viral Mendunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Media sosial (medsos) dihebohkan dengan jawaban ujian siswa sekolah dasar (SD). Adalah akun Twitter, @armillaode yang mengunggah lembar jawaban ujian semester 1 murid SDIT Bina Muda tahun pelajaran 2013-2014 yang cukup mengejutkan. Dalam...

Cerita Anak Hebat

Oleh : Dewi KomariahCerita 1 Saat pembagian LPS (Laporan Perkembangan Siswa) tengah semester 2 disekolah tempat aku mengajar; SDIT Bina Muda Cicalengka, seorang ibu menghampiriku. "Bu, terima kasih ya… " selanjutnya ibu itu bercerita tentang anaknya. sehabis pulang...
Ada yang bisa kami Bantu? Silakan Chat via Whatsapp Chat with us
Please accept our privacy policy first to start a conversation.